JARINGAN NIRKABEL INDOOR DAN OUTDOOR



A . Pengertian Jaringan Nirkabel ( Wireless )
   
   Jaringan Nirkabel ( Wireless ) adalah Jaringan komputer yang tidak menggunakan kabel sebagai media penghubungnya. Wireless memanfaatkan udara/gelombang elektromagnetik sebagai media lalu lintas pertukaran datanya. Sampai saat ini, teknologi jaringan wireless yang bekerja pada frekuensi 2.4 GHz, dan/atau 5GHz.


B . Jenis Teknologi Nirkabel ( Wireless ) 

1.  Wireless Personal Area Network (WPAN) 
   WPAN (Wireless Personal Area Network) adalah sebuah bentuk komunikasi wireless yang terbatas hanya pada jarak pendek dan umumnya hanya terbatas untuk dua buah perangkat elektronik. Media yang biasa digunakan untuk WPAN antara lain :

a . ZigBee
   Dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat secara nirkabel dengan biaya yang sangat rendah dan dengan konsumsi energi sedikit, yang membuatnya sangat cocok untuk yang langsung terintegrasi ke dalam peralatan elektronik kecil (seperti peralatan rumah tangga, stereo, dan mainan).
 

b . Infra Red (IR) 
   Dapat digunakan untuk membuat koneksi nirkabel di beberapa meter, dengan kecepatan dari bisa mencapai beberapa megabitper detik. Teknologi ini banyak digunakan dalam elektronik rumah (seperti remote kontrol), tetapi gelombang cahaya bisa mengganggu sinyal infra red ini. Biasanya perangkat ini digunakan untukremote Televisi (TV), kipas angin, air condition, sound system dan bahkan sekarang sudah ada remote lampu emergency.
 

c. Bluetooth 
   Diluncurkan oleh Ericsson pada tahun 1994, yang menawarkan throughputmaksimal 1 Mbps selama rentang maksimum sekitar tiga puluh meter. Bluetooth, juga dikenal sebagai IEEE 802.15.1, memiliki keuntungan menjadi sangat hemat energi, yang membuatnya sangat cocok untuk digunakan dalam perangkat kecil.

 

2. Wireless Local Area Network (WLAN)
   WLAN (Wireless Local Area Network) adalah sebuah bentuk komunikasi nirkabel yang memiliki area terbatas seperti dalam suatu ruangan ataupun sebuah gedung.
   WLAN memiliki standar komunikasi yang diatur oleh sebuah lembaga Standar komunikasi data yang digunakan dalam WLAN umumnya adalah keluarga Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) 802.11.

 a . IEEE 802.11a

   Yaitu standart jaringan wireless yang bekerja pada frekuensi 5 GHz dengan kecepatan transfer datanya mencapai 58 Mbps.

 b . IEEE 802.11b

   Yaitu standart jaringan wireless yang masih menggunakan frekuensi 2,4 GHz dengan kecepatan trasfer datanya mencapai 11 Mbps dan jangkau sinyal sampai dengan 30 m.

 c . IEEE 802.11g

   Yaitu standart jaringan wireless yang merupakan gabungan dari standart 802.11b yang menggunakan frekuensi 2,4 GHz namun kecepatan transfer datanya bisa mencapai 54 Mbps.

 d . IEEE 802.11n

   Yaitu standart jaringan wireless masa depan yang bekerja pada frekuensi 2,4 Ghz dan dikabarkan kecepatan transfer datanya mencapai 100-200 Mbps.

 

3. Wireless Metropolitan Area Network
Wireless Metropolitan Area Network (WMAN) adalah jaringan wireless network yang menghubungkan beberapa jaringan WLAN. Contoh teknologi WMAN adalah WiMAX.

 

4. Wireless World Area Network (WWAN)
   WWAN adalah sebuah bentuk komunikasi nirkabel yang memiliki area sangat luas, antara lain untuk penggunaan selular seperti 2G, 3G, 4G, dan lain sebagainya, disebut sebagai sebuah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas, karena radiusnya mencakup sebuah negara dan benua. 

   WAN menggunakan sarana fasilitas transmisi seperti telepon, kabel bawah laut ataupun satelit. Kecepatan transmisinya beragam dari 2Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, sampai 625 Mbps (atau kadang-kadang lebih). Faktor khusus yang mempengaruhi desain dan performance-nya terletak pada siklus komunikasi, seperti jaringan telepon, satelit atau komunikasi pembawa lainnya. 
   Sedangkan jaringan area luas nirkabel (WWAN) adalah bentuk jaringan nirkabel. Ukuran yang lebih besar dari jaringan area luas dibandingkan dengan jaringan area lokal yaitu dengan memanfaatkan perangkat wereless daya tinggi serta frekuensi tinggi dan biasanya dipasang dengan antenna pengarah / sektoral contoh Antena Grid, Nano Grid, dll.

 

C . Kelebihan & Kekurangan Jaringan Nirkabel
 

a . Kelebihan :

    1 . Pengguna dapat saling berbagi file dan sumber daya lainnya dengan oerangkat lain yang terhubung ke jaringan tanpa harus bersuah payah melepas port.

    2 . Pengguna dapat bergerak bebas dalam menggunakan Laptop maupun perangkat genggap lainnya, karena mempunyai jangkauan are lebih luas tanpa kabel.

    3 . Lebih nyaman digunakan.

    4 . Jaringan nirkabel seringkali dapat menangani pengguna dalam jumlah yang lebih banyak karena tidak dibatasi oleh sejumlah port koneksi tertentu.

    5 . Pengalihan informasi secara instan ke media sosial menjadi lebih mudah. Misalnya, mengambil foto dan mengunggahnya ke Facebook pada umumnya bisa dilakukan lebih cepat dengan teknologi nirkabel.

b . Kekurangan :
 

    1 . Kecepatan transfer file atau sharing biasanya akan lebih lambar dibandingkan dengan jaringan berkabel.
    

    2. Instalasi dan pengembanganya yang cukup mahal.
    

    3 . Peralatan yang masih tinggi harganya.
    

    4 . Kekuatan sinyal sangat tergantung kepada faktor cuaca.
    

    5 . Informasi yang kurang aman dan lebih mudah di hack.





Sekian dari saya... Semoga Bermanfaat ☺ 





TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DI BLOG SAYA  ☺









Komentar

Postingan populer dari blog ini

GELOMBANG RADIO

Standar Protokol Jaringan Wireless (WiFi) IEEE 802.11